Terkadang sesuatu yg menyenangkan membuat kita terbuai sampai tak terasa waktu begitu cepat berlalu sehingga melenakan kita untuk mengigatNYA

Thursday 16 May 2013

cara memperbaiki memory card

Memory rusak (bukan rusak secara fisik, tapi rusak secara system extract) biasanya salah satu penyebab handfhone Anda menjadi Blank atau Loading ketika file di buka pada memory card tersebut terlalu lama. Karena semakin banyak jumlah file dan pola pemakaian serta intensitas extract file dari memory card tersebut, akan mendekati kondisi sectors data yang kurang Fix dan jumlah x % Defrag yang tinggi.

Kadang bisa juga di karenakan  ada beberapa jenis dan type file yang tidak competible untuk di buka dengan OS handfhone / ponsel / HP / Anda.
Berikut Langkahnya : 
  • Pasang Memory Card ke Card Reader atau sejenisnya, kemudian tancapkan (Plugged in) di port USB pada komputer (PC / Laptop / Notebook / Netbook) Anda. Tunggu proses Windows Explorer mendeteksi Memory Card Anda hingga selesai dan identitas Removable Disk Drive terbaca lengkap.
Removable Disk
  • Klik Kanan pada Removable Disk tersebut, kemudian Pilih Properties.
Properties
  • Pada Console Removable Disk Properties yang muncul, pilih Tab Tools, kemudian klik Check Now.
Tools , Check Now
  • Centang juga kotak Scan for and attempt recovery of  bed sectors pada Check Disk options yang muncul (pastikan kedua opsi tersebut tercentang semua), kemudian klik Start.
Check Disk options
Check Disk options
  • Tunggu hingga proses Checking Disk selesai.
  • Klik See details pada notification Your device or disk was successfully scanned  (disini Anda bisa melihat detail jumlah partisi, file, folder dan beberapa file yang di alokasikan untuk di Fix  ) yang muncul, kemudian klik Close.
Your device or disk was successfully scanned
Your device or disk was successfully scanned
  • Klik Kanan kembali pada Removable Disk tersebut, Pilih Properties, kemudian pilih Tab Tools, dan klik Defragment Now untuk memulai perbaikan Sectors Memory Card Anda.
Defragment
  • Klik Drive target (jika drive menunjukkan status Never Run seperti yang terlihat pada gambar, berarti Memory Card Anda sama sekali belum pernah mengalami proses ini ). Kemudian klik Analyze disk, tunggu hingga proses analisa selesai untuk mengetahui jumlah (% fragmented) sectors disk yang akan di Defrag.
Analyze disk
  • Jika proses Analyze disk selesai dan menunjukkan jumlah x % fragmented, klik Defragment disk, (besar kecilnya jumlah % fragmented akan berpengaruh pada lama dan tidaknya proses ini,yang artinya,semakin besar jumlah % fragmented, akan membutuhkan banyak  waktu pada tahap eksekusi). Tunngu hingga proses Running selesai.
Defragment disk
Defragment disk
  • Jika eksekusi Defragmenter sudah selesai dan menunjukkan 0%, berarti Memory Card Anda sudah sukses di eksekusi dengan hasil dan kondisi baik, tapi jika status masih di atas 0% atau masih 3% atau 5% atau anu ini inu %, berarti ada beberapa file di Memory Card Anda yang rusak, dan perlu di hapus secara manual (tapi sebelum di hapus, Anda bisa mengecek kembali file tersebut, Biasanya file rusak berupa video, atau nama file yang terlalu panjang dan mengandung beberapa karakter selain abcdef......z, Coba Anda me-Rename pada file tersebut kemudian ulangi metode Check now dan Defragment now seperti sebelumnya).
  • Kemudian klik Close.
Dari panduan cara di atas bisa Anda buktikan pada semua jenis Memory Card.
sumber:http://www.opsikomputer.com/

No comments: